Pantai Pungkruk

6 Pantai Jepara yang Penuh Pesona & Paling Banyak Dikunjungi

6 Pantai Jepara yang Penuh Pesona

Beberapa pantai Jepara telah menjadi salah satu tujuan wisata utama di Provinsi Jawa Tengah. Sebagai sebuah kota pesisir di bagian utara provinsi ini, Jepara memang penuh dengan pantai-pantai yang indah.

Tak hanya itu, dari segi sejarah, Jepara juga merupakan rumah bagi beberapa tokoh berpengaruh di Indonesia seperti Ratu Kalinyamat dan RA Kartini. Tidak heran jika banyak orang merekomendasikan Jepara sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat singgah di Jawa Tengah.

Daftar Pantai Jepara

Pulau Panjang

Pulau Panjang

Pulau Panjang terkenal dengan lautnya yang dangkal dan air yang jernih, sehingga para pengunjung bisa melihat beberapa terumbu karang dan ikan berenang. Arus air di pantai ini juga termasuk tenang sehingga sangat cocok untuk berenang, diving, snorkeling, atau bermain kano untuk mengelilingi pulau.

Garis pantai yang panjang dengan pasir putihnya yang hangat juga mampu memberikan sensasi menyenangkan untuk menikmati atmosfer di pantai ini. Terutama jika sore tiba, Anda bisa menikmati keindahan senja sambil memandang birunya laut.

Alamat Desa Ujungbatu I, Kelurahan Ujungbatu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara
Harga tiket Rp 30.000 – Rp 100.000
Sewa peralatan snorkeling Rp 80.000 – Rp 100.000
Paket kemah Rp 60.000 (2-3 orang), Rp 80.000 ( 4-5 orang)
Sewa perahu Rp 30.000
Jam buka 24 jam (jasa penyeberangan hanya beroperasi dari pagi sampai sore)

Pulau Mandalika

Pulau Mandalika

Agar bisa menginjakkan kaki di pulau yang penuh panorama ini, Anda harus menyewa perahu nelayan terlebih dulu untuk menyeberang laut selama kurang lebih setengah jam. Anda bisa menemukan penyewaan perahu di sebuah desa bernama Ujung Watu, yang berada di sebelah utara Laut Jepara.

Baca Juga :  8 Rekomendasi Destinasi Wisata Purbalingga Kekinian

Pantai di Pulau Mandalika sendiri dikenal sebagai tempat favorit untuk para pemancing, karena kehidupan akuatik di pulau ini penuh dengan berbagai jenis ikan mulai dari kakap hingga kerapu.

Lebih menarik lagi, pulau tak berpenghuni ini juga memiliki flora endemik yang disebut “Nongko Celeng”, yaitu tanaman yang memiliki buah seperti nangka tapi tempat tumbuhnya bukan di pohon atau ranting melainkan di pangkal akar.

Selain memiliki pantai dengan air biru kehijauan yang mempesona, pulau ini juga memiliki tebing-tebing batu megah yang cocok untuk dijadikan spot foto.

Sedangkan dari sisi sejarah, pulau ini konon merupakan tempat pengintaian bangsa Portugis, yang terbukti dari adanya benteng peninggalan Portugis yang berada sekitar 500 meter dari bibir pantai. Terdapat juga sebuah mercusuar yang tingginya sekitar 86 meter lengkap dengan lampu yang berkedip setiap 5 detik.

Alamat Desa Ujung Watu, Kecamatan Keling (sekitar 1-1,5 jam berkendara dari pusat Jepara)
Tiket masuk
Jam buka 24 jam

Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk bisa Anda datangi dengan berkendara sekitar 15 menit dari jantung kota Jepara. Desa yang menjadi lokasi dari pantai ini dikenal sebagai kawasan wisata kuliner yang memiliki sejumlah restoran unik dengan konsep bangunan berupa gazebo di atas laut.

Bahkan, ada beberapa restoran yang dilengkapi dengan fasilitas karaoke. Sayangnya, Anda tidak bisa berjalan menyusuri pantai atau bermain pasir di tempat ini, karena sepanjang bibir pantainya dipenuhi dengan karang dan batuan terjal.

Karena itu, pihak pengelola melarang para pengunjung untuk beraktivitas di pinggir pantai. Sebagai gantinya, Anda bisa menyaksikan air laut yang bening dan deburan ombak merdu dari jarak kejauhan atau dari atas gazebo tadi.

Terdapat juga area bermain untuk anak-anak, jalur untuk para pesepeda lengkap dengan penyewaan sepeda, dan jalan nyaman khusus untuk pejalan kaki. Tempat ini paling banyak direkomendasikan bagi pasangan pengantin baru karena suasana romantis benar-benar terasa saat sore hari.

Baca Juga :  8 Tempat Cafe Di Semarang Yang Wajib Untuk Ditongkrongin
Alamat Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Jepara
Tiket masuk Gratis
Jam buka 24 jam

Pantai Kartini

Pantai Kartini

Pantai Kartini termasuk pantai Jepara yang wajib untuk dikunjungi selain beberapa pantai dalam daftar di atas. Pantai dengan nama salah satu tokoh wanita Indonesia ini merupakan tempat yang ideal untuk berwisata keluarga sekaligus belajar terutama jika Anda mengajak anak-anak.

Karena selain bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dan menawan, di sini Anda juga bisa melihat sekumpulan penyu dan juga kura-kura di dalam sebuah akuarium besar yang bernama Kura-Kura Ocean Park.

Khusus untuk pengunjung anak-anak, ada juga taman bermain lengkap dengan fasilitas berupa ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan sebagainya. Sedangkan untuk aktivitas air, Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling atau bermain banana boat.

Tempat ini akan ramai setiap tanggal 8 Syawal atau kira-kira satu minggu setelah lebaran Idul Fitri, karena festival budaya tahunan yang bernama “Lomban” akan diadakan di sini.

Alamat Desa Bulu, Kecamatan Jepara (sekitar 2,5 km di sebelah barat Kantor Kabupaten Jepara)
Tiket masuk Rp 5.000(weekday), Rp 7.5000 (weekend)
Jam buka 24 jam

Pantai Ombak Mati

Pantai Ombak Mati

Diberi nama Pantai Ombak Mati karena gulungan ombaknya tidak besar bahkan nyaris tidak terlihat seperti ombak. Namun sebelumnya pantai ini bernama Pantai Bondo, karena lokasinya yang berada di sebuah desa bernama Bondo.

Karena hanya ada sedikit ombak, pantai ini memiliki suasana yang sangat tenang dan cocok sebagai tempat pelarian sesaat dari kehidupan kota yang ramai dan sesak atau dari kegiatan sehari-hari yang melelahkan.

Anda bisa berjalan dengan kaki telanjang di sepanjang garis pantai untuk merasakan kehangat pasir pantai yang berwarna putih. Air laut di tempat ini juga cukup dangkal sehingga aman untuk berenang dan bermain.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Kuliner Salatiga Paling Khas dan Wajib Untuk Dicoba

Daya tarik lain tempat ini adalah tidak ada bangunan permanen di sepanjang pantai, karena pemerintah Jepara memang mengutamakan konsep bertema alam untuk membuat pantai ini bernuansa tenang dan memberikan sensasi seperti berada di pantai pribadi yang masih alami.

Alamat Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara
Tiket masuk Gratis
Jam buka 24 jam

Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur

Selain Pantai Kartini, Pantai Teluk Awur rupanya juga menjadi lokasi untuk Festival Lomban setiap tahunnya. Masyarakat di sekitar pantai ini juga memiliki kepercayaan bahwa air Pantai Teluk Awur dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit.

Namun di luar mitos tersebut, pantai ini banyak direkomendasikan karena pemandangannya yang eksotis. Salah satunya adalah adanya hutan bakau yang berfungsi sebagai peneduh dan penahan abrasi. Air pantainya juga jernih dan segar sehingga cocok untuk bermain air atau berenang.

Ada juga beberapa wahana air seperti jet ski, banana boat, dan flying fish untuk Anda yang ingin menantang adrenaline.

Setelah puas bermain, Anda bisa bersantai di kursi-kursi kayu lengkap dengan meja yang ada di tepi pantai. Daya tarik lainnya adalah pantai ini dijadikan tempat pemberhentian serta lalu lintas kapal.

Alamat Desa Telukawur, Kecamatan Tahunan, Jepara (sekitar 4 km dari pusat kota Jepara)
Tiket masuk Rp 2.000
Jam buka 07.00 – 17.00 WIB

Jika sedang berkunjung ke Jepara, Anda bisa singgah ke salah satu pantai Jepara dalam daftar di atas untuk menikmati keindahan laut Jepara sambil bersantap siang atau menunggu senja tiba untuk menikmati momen romantis bersama pasangan.

Check Also

Pantai Banyutowo

7 Destinasi Keindahan Wisata Wonogiri yang Tak Boleh Dilewatkan

Mengenal Keindahan 7 Destinasi Wisata Wonogiri yang Tak Boleh Dilewatkan Indonesia merupakan salah satu negara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *