The Lodge Maribaya

7 Tempat Wisata di Bandung Barat Bernuansa Alam

7 Tempat Wisata di Bandung Barat Bernuansa Alam

Selain dikenal sebagai ibu kota Jawa Barat, Bandung juga sangat populer dengan berbagai tempat wisata yang keren dan mengagumkan. Salah satu yang paling ramai adalah tempat wisata di Bandung Barat yang bernuansa alam, seperti di pegunungan, area kemah, dan air terjun.

Karena keindahan alam serta nuansa kota yang mirip seperti Paris dan Eropa, kota ini bahkan dijuluki sebagai “Paris Van Java” atau Parisnya Pulau Jawa. Sedangkan secara lokal, Bandung dijuluki sebagai Kota Kembang, karena Anda bisa terpesona dengan keindahannya seperti saat melihat bunga (kembang).

Berbagai Tempat Wisata di Bandung Barat

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Bandung Barat, misalnya mengunjungi sejumlah tempat keren dalam daftar di bawah ini:

Puncak Eurad Pingping

Puncak Eurad Pingping

Objek wisata yang satu ini sangat populer di kalangan anak muda terutama pecinta alam. Lokasinya yang berada di sebuah pedesaan dan jauh dari kota-kota besar membuat Puncak Eurad Pingping sangat cocok untuk sesaat melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari.

Tempat ini bernuansa tenang dan romantis serta sangat cocok untuk fotografi. Jadi jangan heran jika Anda melihat sekelompok orang sedang melakukan sesi foto prewed di sini. Saat memasuki lokasi, Anda akan langsung merasakan suasana asri dan sejuk dengan landscape pegunungan yang sangat indah.

Hamparan perkebunan teh dan pohon pinus juga menjadi pemandangan istimewaan yang bisa Anda saksikan. Salah satu spot terbaik untuk menikmati Kota Bandung dari ketinggian di tempat ini adalah dari gardu pandang dan perahu kayu tepi tebing yang berhadapan langsung dengan jurang.

Baca Juga :  4 Tempat Wisata Sumedang Paling Populer & Kekinian
Lokasi Jalan Cibodas – Ciater, Desa Wangunharja, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Tiket masuk Gratis
Jam buka 24 jam

Sungai Cikahuripan

Sungai Cikahuripan

Kini tak perlu jauh-jauh lagi terbang ke Amerika untuk melihat Green Canyon, karena Bandung Barat juga memilikinya. Deretan tebing-tebing kokoh dan batuan berukuran besar di tempat ini berpadu indah dengan aliran sungai Cikahuripan yang berwarna hijau kebiruan.

Selain mengumpulkan foto dan video, Anda juga bisa bermain air dan berenang karena aliran air di tempat ini tidak terlalu deras. Sedangkan kolam alaminya memiliki kedalaman yang beragam, ada yang dangkal tapi ada juga yang sedalam 4 meter.

Namun untuk bisa menemukan ngarai tersembunyi yang indah ini, Anda harus berjalan kaki setidaknya sekitar 1 km dari pintu masuk tempat wisata. Jalan setapak ini didominasi bebatuan raksasa yang tingginya menjulang hingga 10 meter dan lebar satu sisi ke sisi lain sekitar 100 meter.

Lokasi Raja Mandala Cipongkor, Desa Saguling, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.
Tiket masuk Rp 10.000
Jam buka dibuka 24 jam tapi tidak disarankan untuk datang setelah maghrib karena tidak ada penerangan.

Curug Ngebul

Curug Ngebul

Curug Ngebul adalah sebuah air terjun alami di lokasi yang relatif terpencil di wilayah Bandung Barat. Tempat ini sangat ideal untuk merelaksasikan diri karena jumlah pengunjung yang tidak banyak.

Meskipun membutuhkan usaha ekstra untuk sampai ke tempat ini, tapi semua lelah akan terbayar dengan melihat indahnya pemandangan di sekitar dan aliran air yang segar serta jernih.

Air terjun ini memiliki lebar sekitar 5 meter dan ketinggian mencapai 20 meter. Ada dua tingkatan air terjun dan sisi kanan kiri dipagari oleh tebing-tebing kokoh alami yang menjulang tinggi. Ada banyak bebatuan besar di tempat ini yang bisa dijadikan tempat duduk dan spot berfoto.

Lokasi Kampung Cisitu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.
Tiket masuk Rp 10.000
Jam buka 07.00 – 16.00 WIB
Baca Juga :  7 Destinasi Wisata di Garut Paling Populer dan Wajib Dikunjungi

Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut

Bagi Anda yang percaya dengan cerita-cerita bidadari, tempat wisata di Bandung Barat yang bernama Sanghyang Heuleut wajib untuk didatangi. Konon, danau ini pernah digunakan sebagai tempat mandi oleh para bidadari yang sedang turun dari kahyangan.

Sedangkan secara geologis, danau cantik ini terbentuk karena letusan Gunung Purba Sunda. Aliran air danau ini sangat tenang sehingga cocok dijadikan tempat untuk bersantai dan menghilangkan stres.

Karena dikelilingi oleh bebatuan super besar, danau ini tampak seperti tersembunyi, ditambah dengan beberapa pohon rindang dan warna air biru tosca membuat danau ini semakin mempesona setiap mata yang melihatnya.

Lokasi Kampung Cipanas, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat.
Tiket masuk Rp 15.000
Jam buka 08.00 – 16.00 WIB

Tebing Gunung Hawu

Tebing Gunung Hawu

Ingin nongkrong di tempat yang tak biasa? Maka Anda bisa pergi ke Tebing Gunung Hawu dan mengambil foto instagenik dengan berbagai latar, termasuk berdiri di puncak tebing sambil memandang landscape kota Bandung dari ketinggian.

Bagi penyuka nuansa pagi, tempat wisata di Bandung Barat yang satu ini juga menawarkan sudut pandang super fantastis untuk menyaksikan matahari terbit.

Sedangkan untuk Anda yang ingin menguji adrenaline bisa mencoba panjat tebing atau rebahan di atas hammock gantung yang dibuat di antara dua tebing dan bagian bawahnya adalah jurang.

Lebih fantastis lagi, gunung ini memiliki lubang besar di bagian dasarnya, yang jika beruntung Anda bisa mendapatkan foto super keren saat matahari terbit dengan bingkai lubang ini.

Lokasi Kawasan Bukit Kapur Citatah (Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat), atau sekitar 25 km dari pusat kota Bandung.
Tiket masuk Rp 4.000
Panjat tebing Rp 100.000
Hammock gantung Rp 150.000
Jam buka 08.00 – 18.00 WIB
Baca Juga :  15 Tempat Pilihan Mall di Bekasi Untuk Berbelanja Sepuasnya

Gunung Batu

Gunung Batu

Gunung Batu adalah destinasi wisata yang sempurna untuk Anda yang suka hiking dan panjat tebing. Persis seperti namanya, permukaan gunung ini sebagian besar terdiri dari bebatuan terjal mulai dari dasar hingga puncaknya, dengan ketinggian sekitar 875 mdpl

Gunung ini menjadi salah satu yang tertinggi di Lembang sehingga Anda bisa dengan mudah melihat pegunungan di sekitarnya tanpa halangan, seperti Gunung Putri, Palasari, Tangkuban Perahu, dan Bukit Tunggul. Para pengunjung juga diizinkan berkemah jika ingin menikmati keindahan gunung ini lebih lama.

Lokasi Kampung Gunung Batu 01, Desa Sukaharja, Sukamakmur (kawasan Jonggol).
Tiket masuk Rp 15.000
Jam buka 24 jam
Waktu pendakian sekitar 45-90 menit
Lebar trek pendakian sekitar 2 meter

The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya adalah area perkemahan alami yang sudah ditambah dengan sejumlah fasilitas, seperti gardu pandang, tenda-tenda kemah berbentuk unik, jalur pejalan kaki yang nyaman, toilet umum, tempat makan, area duduk, dan area yang terlihat seperti taman.

Sedangkan lingkungan alami dari tempat ini adalah pemandangan pegunungan, hamparan hutan pinus, dan air terjun Maribaya. Mulai dari sekedar jalan-jalan, makan, menginap, dan bahkan mengadakan acara, The Lodge Maribaya akan memberikan Anda pengalaman yang mengesankan.

Lokasi Jalan Maribaya 149/252 Kp. Babakan, Gentong, Cibodas, Kecamatan Lembang, Bandung Barat.
Tiket masuk Rp 20.000 untuk weekday, dan Rp 25.000 saat weekend.
Jam buka untuk umum 09.00 – 17.00 WIB
Biaya menginap Rp 750.000/malam
Sky Tree Rp. 15.000
Zip Bike Rp. 20.000
Sky Swing Rp. 20.000

Jika Anda sedang mencari tempat wisata di Bandung Barat yang bernuansa alam untuk mengisi waktu luang saat akhir pekan, maka datanglah ke salah satu tempat wisata dalam daftar di atas. Semuanya sangat mempesona dan dijamin akan membuat Anda terkesan.

Check Also

Danau Situ lembang

10 Tempat Wisata Lembang Yang Paling Populer Saat Ini

10 Tempat Wisata Lembang Paling Populer Lembang adalah sebuah kecamatan dengan luas wilayah 10.620.000 hektar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *